Batas


“Semua orang memiliki ketakutannya masing-masing, kelemahannya masing-masing”

Tak bisa dipungkiri, setiap manusia lahir sembari menggenggam keterbatasannya masing-masing. Entah dari segi fisik, mental, material, semuanya. Keterbatasan dan ketakutan? Apa sama? Lalu apa yang membedakan?.

Kupikir dua hal itu berbeda, namun bisa jadi berkaitan. Keterbatasan kadang bisa saja murni memang karena kesempurnaan yang memang tidak dimiliki manusia. Bisa juga muncul karena ketakutan. Ketakutan yang membuat batas itu ada. Pikiran negatif, kecemasan yang berlebih, membuat batas itu semakin jelas terlihat dan membuat enggan untuk mencobanya. Mereka yang memiliki keterbatasan namun tidak memiliki ketakutan pasti tidak pernah berhenti mencoba meskipun memang sudah mentok. Tidak bisa. Namun, beberapa dengan kekurangannya dan diluar nalar orang lain. Banyak orang hebat yang bisa membuat orang terkesima karena aksinya. Mereka orang-orang super. Sedangkan ia yang rasa takutnya meraja lela pasti tak pernah mau mencoba, kalah dengan rasa takutnya.

Sebelumnya kupikir semua itu keterbatasanku, setelah aku renungi, ternyata sebagian memang ketakutan yang kubuat sendiri. Bagaimanapun juga setiap hal yang membuatmu berkembang, pasti ada satu atau lebih ketakutan yang sudah kamu kalahkan. Entah kecil atau besar, yang pasti kamu sudah menang atas dirimu sendiri. Menurutku “menembus takut” lebih cocok dari “menembus batas”  Sedangkan keterbatasan menurutku perlu ada. Yaaps, kamu diciptakan untuk bersyukur. Menerima. Keterbatasan adalah guru terhebat. Penguji rasa syukur, sabar, dan pasrah. Bayangkan kalau kamu sempurna, apa bisa melawan sombongmu..?

Jangan lupa bersyukur atas batas yang Tuhan ciptakan untukmu dan kalahkan takutmu karena kamu butuh berkembang

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: